Rabu, 27 Mei 2009

Sejarah Jaringan

Jaringan

jaringan komputer adalahsekelompok komputer yang dihubungkan satu dengan yang lainnya denganmenggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi atau mediakomunikasi sehingga dapat saling berbagi data-informasi,program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti menggunakan data dikomputer yang lain danprinter.

Dalamhal ini sistem komunikasi data melibatkan sebuah atau lebih sistemkomputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasimembentuk satu sistem. Dan dapat memberi berita walaupun berlainanarea atau geografis.
Sejarah Jaringan

Pada tahun 1943 pertama kali Konsep jaringan lahir di Amerika dari sebuah proyek Riset Harvard University yang dipimpin oleh Prof. H. Aiken dan proyek tersebut hanyalah memanfaatkan sebuah perangkat komputer untuk dapat dipakai bersama dalam mengerjakan program dengan proses beruntun ( Batch Processing ).

Tahun 1950 terciptanya jenis komputer besar dengan super komputer dapat melayani beberapa terminal yang dikenal dengan nama TSS
(Time Sharing System)
TSS bekerja dengan konsepdistribusi proses berdasarkan waktu
,dimana pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri kesebuah Host Komputer.


Tahun 1970 dengan super komputer menggunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing) dimana dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel dengan melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri setiap host.

Pada tahun 1975 pengembangan jaringan oleh pabrik komputer IBM dengan format SNA (System Network Architecture) yang merupakan protocol untuk menghubungkan beberapa tipe komputer IBM dalam bentuk suatu sistem jaringan. Dan Pabrik komputer yang lainnya seperti Sperry Univac, WANG dan DEC juga mempunyai software communication tersendiri, misalnya DECnet. Sekarang network yang dikembangkan oleh suatu pabrik komputer dapat dihubungkan dengan komputer-komputer yang dibuat oleh pabrik lainnya, bahkan dapat menggunakan protokol yang lain, misalnya AIS Net1 (Advanced Information System/Net 1) dikembangkan oleh AT & T pada tahun 1982.

.Internet

Internet singkatandari InternationalNetworking adalahKumpulan atau jaringan dari jaringan komputer yang ada di seluruhdunia saling berhubungan atau berinteraksi antara satu komputerdengan komputer lainnya secara langsung untuk mendapatkan dan pertukaran Informasi. Maka Internet disebut juga sebagai Ruang Maya (Cyberspace ).

Dalam jaringan Internetdibatasi layanannya sebagai berikut : FTP, E-Mail, Chat, Telnet,Conference, News Group, Mailing List. Biasanya jaringan inimenggunakan protocol (TCP/IP), walaupun ada sebagian kecil yangmenggunakan jenis lain (IPX Novell Netware, NetBios, dll).


Sejarah Internet


Internet diciptakan pada tahun 1970 oleh Departemen Pertahanan AS yang dikenal dengan DARPA ( Defence Advanced Research Project Agency ). Dengan membuat jaringan yang bernama ARPAnet. Tanpa penggunaan Protocol TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ).

Pada tahun 1975 DARPA meng-upgrade status ARPAnet dari semula jaringan percobaan menjadi beroperasi melalui penggunaan Protocol TCP/IP.


Pada tahun 1983 Protocol TCP/IP dijadikan sebagai pendukung seluruh jaringan ARPAnetDan Pada tahun yang samajaringan ARPAnet dipisah menjadi dua bagian yaitu Milnet danInternet

Pada tahun 1990 jaringanInternet mulai dikenal untuk semua atau umum dengan menggunakanProtocol TCP/IP

Organisasi Internet

Ada empatbadan yang bertanggung jawab dalam mengatur, mengontrol sertamelakukan standarisasi protokol yang digunakan di internet yaitu :

ISOC (Internet Society), merupakan badan profesional yang mendukung, memfasilitasi, serta mempromosikan pertumbuhan internet, sebagai infrastruktur komunikasi global untuk riset / penelitian. Badan ini berurusan dengan tidak hanya dengan aspek-aspek teknis, namun juga aspek politik dan sosial dari jaringan internet.

IAB (Internet Architecture Board), merupakan badan koordinasi dan penasehat teknis bagi ISOC. Badan ini bertindak sebagai badan review teknis dan editorial akhir semua standar internet. IAB memiliki otoritas untuk menerbitkan dokumen standar internet yang dikenal sebagai RFC (Request for Comment).
Tugas lain dari IAB ialahmengatur angka-angka dan konstanta yang digunakan dalam protokolinternet (nomor
portTCP, kode protokolIP, tipe hardware ARP dan lain-lain). Tugas ini didelegasikan kelembaga yang disebut IANA (Internet Assigned Numbers Authority.

IETF (Internet Engineering Task Force), merupakan badan yang berorientasi untuk membentuk standar internet. IETF ini dibagi menjadi sembilan kelompok kerja dan bertugas menghasilkan standar-standar internet. Untuk mengatur kerja IETF ini dibentuk badan yang disebut IESG (Internet Engineering Group).

IRTF (Internet Research Task Force). Badan ini memiliki orientasi pada riset-riset jangka panjang.


Tidak ada komentar: